Selain Warna, Ini Loh Perbedaan Lada Putih dan Lada Hitam!

Selain Warna, Ini Loh Perbedaan Lada Putih dan Lada Hitam!

Teman usaha pasti tahu dong lada hitam dan lada putih. Tapi, pernahkah teman usaha penasaran selain warnanya, apa sih perbedaan lada hitam dan lada putih ?

Dikutip dari astronauts.id ada beberapa perbedaan mendasar antara lada hitam dan lada putih. Apa saja sih perbedaannya? Cari tahu yuk teman usaha

1. Lada putih dan lada hitam berasal dari biji yang sama

Mungkin teman usaha  mengira jika lada putih dan lada hitam berasal dari dua jenis tanaman yang berbeda. Tetapi, pada faktanya dua jenis lada hitam tersebut berasal dari tanaman yang sama. Lada hitam adalah buah dari tanaman lada. 

Sedangkan lada putih adalah biji dari tanaman lada. Untuk membuat lada hitam, biasanya para petani memetik lada yang masih berwarna hijau atau belum matang. Lalu, mereka menjemurnya hingga buah lada menjadi keriput dan berwarna hitam. 

Lada ini yang kemudian dijadikan sebagai lada hitam untuk masakan. Sedangkan, lada putih diambil dari biji yang ada di dalam buah lada. Buah yang telah dipetik lalu direndam dan juga dicuci berkali-kali.

2. Lada hitam lebih pedas dibandingkan lada putih

Tahapan pengolahan lada hitam yang sangat sederhana menjadi kepedasannya  masih begitu kuat dibandingkan lada putih. Sebab proses lada putih sudah melalui sejumlah tahapan pencucian dan perendaman, citarasa dari lada putih menjadi lebih ringan.

3. Lada hitam lebih awet daripada lada putih

Jika disimpan, lada hitam bisa bertahan lebih lama daripada lada putih. Yang masih utuh dapat kamu simpan selama satu tahun. Sedangkan lada hitam yang telah dihaluskan dapat bertahan selama beberapa bulan saja. 

Sedangkan, lada putih yang telah melalui banyak tahapan pengolahan citra rasanya akan lebih mudah menguap ketika disimpan. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu tidak terlalu banyak menyimpan ada putih agar tidak sia-sia dalam menyimpan nya.

4. Lada hitam meningkatkan cita rasa dan lada putih memberikan efek hangat

Biasanya lada hitam dipakai guna meningkatkan citarasa pada makanan. Sementara lada putih umumnya dipakai guna memberikan efek hangat pada hidangan. Untuk itu, lada putih sangat cocok untuk kamu gunakan pada masakan yang berkuah seperti sup.

5. Lada hitam dipakai untuk masakan Barat dan lada putih untuk masakan Asia

Biasanya dipakai pada masakan barat seperti daging panggang, omelet, pasta dan masakan lainnya. Sedangkan lada putih lebih banyak dipakai untuk masakan Asia, termasuk makanan Indonesia.